Pengalaman Kerjaku Di PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR
(1 November 2013 – 31 Oktober 2014)
PT. Astra Daihatsu Motor merupakan perusahaan tunggal pemegang merk dagang mobil Daihatsu di Indonesia. Pabrik ini merupakan terbesar di Asia Tenggara dengan peralatan robot terbaru dan tercanggih
Tepatnya tanggal 18 Oktober 2013
pukul 14.00 WIB kami bersama teman kami berkumpul di ABKK Kebumen untuk
persiapan pemberangkatan ke PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR Sunter, Jakarta Utara.
Satu buah bus sudah siap di depan gedung ABKK Kebumen, tinggal kami menunggu
teman kami yang belum datang di dalam gedung ABKK Kebumen sambil absensi dan
cek perlengkapan. Setelah kira – kira 1 jam kami di dalam gedung ABKK Kebumen
akhirnya teman kami semua sudah lengkap dan kami bersiap – siap untuk masuk ke
dalam bus. Tepat pukul 16.00 WIB bus berangkat menuju Sunter, Jakarta Utara.
Kami dipandu satu orang pengurus ABKK Kebumen.
Setelah kira – kira 8 jam
perjalanan alhamdulillah kami tiba di tempat tujuan dengan selamat, kami tiba
di depan masjid Astra Internasional, Sunter, Jakarta Utara pada pukul 04.30
tanggal 19 Oktober 2013. Sungguh indah bagi saya pemandangan pagi waktu itu
dimana disuguhi gedung – gedung yang menjulang tinggi serta gemerlap lampu di
sepanjang jalan dan kendaraan – kendaraan besar yang melintasi jalan tol (
maklum baru pertama kali liat kota Jakarta :D). Kemudian kami berjalan kaki
membawa barang bawaan kami yang cukup berat sekitar 1 KM untuk menuju tempat
penginapan sementara selama 2 minggu. Setelah kami berjalan selama 1 KM
akhirnya kami sampai di ruang yang ukurannya sekitar 5x5m berjumlah 2 ruangan,
lumayan lebar ....hhehe. dan ruangan ini masing – masing harus ditempati oleh
25 orang. Ruangan tempat penginapan kami terletak di atas Alfamart dan berada
di sebelah jalan yang di sampingnya terdapat warteg, kebetulan wartegnya orang
Tegal.
Hari itu merupakan awal dimana
kami mulai hidup mandiri secara ekonomi, setelah kami istirahat satu malam
kemudian pagi harinya kami harus berjalan sekitar 1 km lagi untuk menuju Head
Office PT. Astra Daihatsu Motor Jakarta. Setelah kira – kira 3 jam berada di
HO( Head Office) kami kembali ke tempat kos sementara, kami disuruh menunggu
selama 12 hari oleh HRD untuk menunggu pengumunan penempatan tempat kerja kami
nantinya, karena PT. ADM sendiri mempunyai 3 PLANT. Satu di Sunter, Jakarta
Utara dan dua yang lainnya berada di Karawang, Jawa Barat, tepatnya di kawasan
industri KIIC dan Kawasan industri Surya Cipta. Waktu 12 hari merupakan waktu
yang sangat membosankan, tapi ada salah satu teman kami yang usul untuk pergi
berekreasi...hhe, waktu itu saya bersama teman saya pergi ke Monumen Nasional
kemudian ke Masjid Isti´lal
Jakarta. Setelah itu kami menghabiskan sisa hari kami di kontrakan saja sampai
akhirnya HRD mengeluarkan pengumuman terkait penempatan karja kami nantinya.
Akhirnya akhir Oktober pengumuman
keluar, kami harus berjalan kaki lagi sekitar 1 km untuk melihat pengumuman, kali
ini bukan di HO tetapi masih di Jakarta Utara. Kami pun melihat pengumuman
secara berdesakan. Banyak dari kami berharap ditempatkan di Sunter termasuk
saya karena kami tidak ingin repot – repot. Setelah saya melihat pengumuman
ternyata saya ditempatkan di Karawang. Beruntung waktu itu banyak yang
ditempatkan di Karawang karena memang di Karawang sedang banyak membutuhkan
karyawan. Beruntung juga ada teman satu sekolah yang juga ditempatkan di
Karawang.
Pagi – pagi sekali kami sudah
bersiap – siap untuk berangkat ke Karawang, kamipun berpamitan dengan teman2
yang ada di Sunter, kami menyewa 1 angkot untuk mengantarkan kami terminal
Tanjung Priok, Jakarta Utara. Akhirnya setalah kami sampai di terminal Tanjung
Priok tak lama kemudian ada Bus jurusan Karawang (AGRA MAS), kamipun langsung
naik, kira – kira 3 jam perjalan kami akhirnya sampai di Karawang. Setiba di
Karawang kamipun bingung, kami berjalan kaki cukup jauh kira – kira sekitar 5
kilimeteran sambil membawa barang bawaan kami yang cukup berat di atas jalan
aspal yang mana waktu menunjukan pukul 11an – 12an siang. Sungguh tidak bisa
dibayangkan bagaimana panasnya.
Setelah kelelahan saya bersama
teman saya memutuskan untuk naik angkot menuju ByPass. Sampainya di Bypass
kamipun bersusah payah mencari kontrakan yang mana rata-rata kontrakan sudah
penuh semua. Beruntung ada teman satu kelas saya yang sudah berangkat duluan
dari saya( kira – kira sudah 5 bulanan disana), saya menghubungi temen saya
untuk meminta bantuan dicarikan kontrakan. Akhirnya sore harinya teman saya
langsung mendapatkan kontrakan yang cukup nyaman dan luas. Sayapun bersama
teman saya menetap disitu.
Pagi harinya kami harus bangun
pagi sekitar pukul 04.00 untuk persiapan berangkat ke PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR
Karawang, kami harus naik bus jemputan yang disediakan perusahaan. Hari pertama
kami hanya disuruh tanda tangan kontrak dan pembagian seragam, pembagian APD,
dan pembagian ID card. Hari pertama kami pulang pukul 16.00
MASA OJT ( On The Job Training)
Selama 1 minggu kami
karyawan-karyawan baru sudah disuruh memakai seragam seperti karyawan –
karyawan yang sudah lama, hanya saja yang membedakan karyawan baru dengan
karyawan lama yaitu di lengan baju karyawan baru masih terdapat tanda yang
berwarna orange yang bertuliskan OJT (on the job training) sedangkan di
karyawan lama tidak. Itu artinya kami masih latihan dan belum profesional
seperti yang lain. Masa OJT menandakan bahwa saya belum bertanggung jawab penuh
ketika terjadi kerusakan akibat dari kesalahan yang saya lakukan dalam pekerjaan,
dimana yang disalahkan justru yang mengajari saya( senior saya). Nah, selama 1
minggu ini kami karyawan-karyawan baru belum diperkenankan masuk ke line(jalur)
waktu itu kami hanya diberi materi sambil duduk-duduk di ruangan. Setelah 1
minggu tersebut ada sekitar 4 hari kami melakukan dojo welding, yang mana
disini terdapat pemanasan fisik dan praktik mengoperasikan alat-alat yang
nantinya saya operasikan setelah masuk jalur, selain itu saya juga diharuskan
untuk menghafal nama – nama komponen alat beserta fungsinya. Hal itu saya
lakukan selama 4 hari dari pukul 07.30 – 16.00. kami juga harus selalu menjaga
kebersihan pabrik, karena PT. ADM plant kami merupakan satu-satunya plant yang
paling bersih diantara plan-plant lainnya. Setiap pagi kami juga diharuskan
saling tegur sapa dan berjabat tangan dengan rekan lainnya baik dengan karyawan
tetap, kontrak 1, kontrak 2, maupun dengan atasan-atasan dengan mengucapkan
“semangat pagi” karena itu merupakan salah satu budaya PT.ADM. selain itu saya
juga diharuskan menghafal I-CARE. Sebelum kami memulai bekerja kami juga harus
senam terlebih dahulu dari pukul 07.00 sampai 07.15 setelah itu kami melakukan briefing secara bergiliran bersama team
leader dan foreman, sayapun pernah kebagian untuk membuka briefing.
Setelah kira kira 2 minggu saya
sudah diperbolehkan masuk jalur, saya hanya diberi tugas untuk sekadar
mengamati SOP( Standar Operasional Prosedur) karyawan lain belum bisa langsung
ikut proses. Setelah kira2 1 minggu baru saya boleh ikut proses membuat unit
mobil secara mandiri, di jalur kami terdapat 14 orang dan diberi bagian secara
sendiri-sendiri, alhamdullilah waktu itu saya langsung bisa beradaptasi dengan
kondisi jalur, tetapi kebetulan jalur yang saya tempati waktu itu masih lambat,
dimana 1 unit mobil masih dibutuhkan waktu 1,6 menit dalam sekali rakit.
Masa pelepasan pita OJT
Pita OJT akan dilepas setelah
saya hampir 3 bulan berada di jalur dan jika saya sudah menguasai semua cara
kerja dan SOP. Setelah pelepasan pita OJT saya dipanggil oleh HRD untuk ke
kantor. Setelah pelepasan OJT saya diharuskan bekerja secara mandiri tanpa
pengawasan dari senior dan bila saya melakukan kesalahan dalam bekarja maka itu
adalah murni kesalahan saya dan saya yang harus menanggungnya. Dari sinilah
saya harus hati-hati, teliti, dan lebih cermat dalam melakukan proses perakitan
mobil.
Tidak seperti plant lain, plant
saya memiliki kebijakan yang bagus yaitu :
- Karyawan dengan HRP (kesalahan/kerusakan) minimal
- Karyawan dengan kebersihan lokasi/pos kerja area karyawan
- Karyawan dengan kecelakan kerja minimal
Di samping itu di plant kami juga
diharuskan membuat SS (Sugestion System) setiap bulan sekali dengan jumlah
minimal 4 SS, dan akan diberi imbalan sampai 150 ribu rupiah per SS jika SS
tersebut bagus. Misalkan saja jika membuat 20 SS dan SS tersebut bagus semua
maka akan mendapat imbalan sebesar Rp150.000 x 20 , lumayan buat tambahan uang
saku. Hhe
PENDAPATAN
Saya mengontrak bersama 2 teman
saya yang lain dan biaya perbulan cukup murah yaitu 200ribu per bulan.
Sebenarnya gaji di PT.ADM dihitung berdasarkan UMR Karawang yang saat itu
sebesar Rp2.900.000 ditambah dengan uang transport Rp33.000 per hari dan
tunjangan-tunjangan yang lainnya ditambah lagi uang lembur.
Surat peringatan (SP)
Semua karyawan PT.ADM, HRD, HO,
harus mematuhi peraturan yang sudah dibuat oleh PT ADM. Ada pelanggaran yang
bisa dimaklumi dan tidak bisa dimaklumi,
SP 1 : untuk pelanggaran yang ringan mengenai kelalaian ringan.
Karyawan SP1 tidak dipanggil ke HRD melainkan hanya dikasih peringatan saja
oleh leader atau foreman
SP 2 : Telah mendapatkan SP1 dan kembali melakukan kesalahan yang
pernah dilalukan sebelumnya. Karyawan dengan SP2 akan dipanggil secara khusus
dengan diskors, dan dapat dipastikan tidak akan mendapatkan perpanjangan
kontrak.
SP 3 ; tindak lanjut dari SP1 dan SP 2 yang mengakibatkan kesalahan
yang fatal ataupun kesalahan yang sangat fatal tanpa melalui SP 1 dan SP 2. Karyawan
dengan SP 3 akan langsung dikeluarkan dengan blacklist.
Akhir masa kerja
Saya pernah minta izin selama 3
hari kepada bapak foreman, sebetulnya sebelum saya minta izin tersebut salah
satu dari senior saya memberi tahu ke saya bahwa saya akan diperpanjang karena
saya termasuk salah satu karyawan yang rajin...heheh, tetapi karena keputusan
saya sudah bulat akhirnya saya memutuskan untuk minta izin selama 3 hari tidak
berangkat kerja karena saya akan mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi
pada bulan Juni 2014. Saya diberi konsekuensi bahwa saya tidak akan
diperpanjang dan saya sudah pasti menerima konsekuensinya karena itu merupakan
resiko yang harus saya tanggung karena keputusan yang telah saya ambil. Saya
juga bilang pada Leader saya bahwa kalau saya diterima pada tes seleksi
tersebut saya akan resign tetapi kalau seandainya saya tidak diterima saya
masih boleh bekerja sampai masa kontrak saya habis.
Setelah saya izin 3 hari saya
kembali masuk kerja sambil menunggu pengumuman hasil seleksi, setelah satu
bulan hasil seleksi sudah bisa dilihat tetapi Allah berkehendak lain, saya
belum bisa mencapai apa yang saya inginkan, akhirnya sesuai kesepakatan akhir
Oktober saya habis kontrak dari PT Astra Daihatsu Motor. Saya tidak bisa
menyangka bahwa orang – orang yang biasa berhadapan dengan mesin dan robot bisa
menangis ketika saya berpamitan dengan mereka, disitu saya mengerti bahwa kerja
sama tim (team work) bukan sekedar urusan profesi, ketika kami bekerja sama
dalam suatu pekerjaan kita akan saling ketergantungan antara satu dengan yang
lainnya sehingga akan menjadi seperti satu keluarga dan merasa senasib. Tim
kami memang sangat kompak, saling memberi motivasi, saling menghargai, dan jika
terdapat suatu masalah kami selesaikan bersama.
SEKIAN
Area Kerja
QCC (Quality Control Cycle)
Kebiasaan rutin yang dilakukan di PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR setelah selesai kerja shift baik shift siang maupun shift malam.
8 komentar
komentarNice story .. krlanjutannya jadi gmna ?
ReplyAlhamdulillah untuk saat ini saya sedang menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah mas..
ReplyTerimakasih ceritanya...
ReplyMau tanya, apa di ADM ada karyawan yg kerja melalui lpk Trinanda group??
ReplyTrims
Ngga ada loker buar cwe yah
ReplyApa kerja di adm tdk mendapatkan mess
ReplySekedar meluruskan..
ReplyUntuk nilai ss bukan semuanya 150 RB per ss.. tapi nilainya di pertimbangkan Dari bobot tiap ss (kualitas, manfaat, cost membuat ss dll) .
Untuk surat peringatan (SP) itu turun dr HRD. Mandor, foreman, spv manager tidak ada campur tangan di sini.
Kemudian jika terkena SP 3 tidak langsung di keluarkan. SP 3 itu masih dalam masa hukuman. Kalo di keluarkan itu namanya PHK, jika seorang karyawan diPHK biasanya terkena kasus yg berat (tindakan kriminal)
Untuk foto QCC, dari kertas yg di pegang itu bukan QCC melainkan KYT..
QCC dilakukan biasanya sebulan 2kali dan ada langkah langkah nya sampai QCC tersebut bisa selesai di buat. Jika QCC nya bagus bisa di lombakan sampai tingkat internasional.
Kalo KYT dilakukan 1 Minggu sekali. Gunanya untuk menganalisa duga bahaya atau potensi bahaya apa saja yang kemungkinan muncul di sekitar kita. Berikut antisipasinya..
Mohon ralat ini bisa diterima. Agar tidak terjadi Miss comunication..
Terimakasih
Apa benar yg kerja di adm kontrak 1 tidak boleh menikah dulu?
Reply